Peringatan Harkitnas, Pj. Wali Kota Malang : Momen Menguatkan Kebersamaan Songsong Indonesia Emas 2045

Politikamalang
Pj Wali Kota Malang Pimpin Upacara Harkitanas ke-116. (Foto:Ist)

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momen untuk menguatkan kebersamaan dan memanfaatkan berbagai potensi dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M, saat menjadi inspektur upacara Harkitanas ke-116 di Halaman Balaikota Malang, Senin (20/5/2024).

Menurut Wahyu, ini sejalan dengan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika dalam peringatan Harkitnas 2024, yang mengangkat tema ‘Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas’.

Dikatakan Wahyu, sejarah Harkitnas yang begitu kental, menjadi sebuah refleksi untuk menghidupkan semangat untuk kembali bangkit. Dimana semangat Boedi Oetomo, Kartini, para kaum muda, maupun Soekarno yang menghidupkan jiwa nasionalisme, memperjuangkan pendidikan, serta menghadirkan kemerdekaan. Sehingga bangsa ini bisa mencapai kebangkitannya di masa itu.

Iklan

“Yang disampaikan Pak Menteri Kominfo tadi istilahnya ‘berkunjung kembali’ atau menjenguk masa lalu. Ada banyak hal terkait Harkitnas ini, semua berlandaskan momen perjuangan dan semangat yang sudah dilakukan para pejuang terdahulu. Dan ini menjadi menjadi dasar kita untuk menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wahyu.

Wahyu menyebut bahwa saat ini tantangan yang dihadapi telah berbeda, kemajuan teknologi. Terlebih Indonesia sedang mencanangkan percepatan transformasi digital nasional.

Di sisi lain, Indonesia juga berpotensi mendapat bonus demografi yang mana ini menjadi peluang untuk menyongsong Indonesia Emas. Sehingga, ini adahal momen Bangsa Indonesia untuk kembali bangkit, dengan bermodalkan potensi kemajuan teknologi dan bonus demografi.

“Apalagi di era sekarang, ada kemajuan teknologi, kemajuan digital yang harus kita akui bersama. Mau tidak mau harus menjadi satu core untuk menjadi kekuatan menyongsong Indonesia Emas. Terlebih ada banyak potensi bonus demografi yang harus kita maksimalkan,” paparnya.

Lebih lanjut Wahyu mengajak masyarakat Kota Malang untuk memaknai peringatan Harkitnas sebagai momen untuk mendukung tercapainya kesuksesan menyongsong Indonesia Emas.

“Melalui peringatan ini saya berharap dapat menjadi momentum membangkitkan semangat kebersamaan, kolaborasi serta sinergisitas seluruh elemen masyarakat Kota Malang. Dalam menggali potensi-potensi yang ada guna mewujudkan Kota Malang lebih maju dan berkelas,” pungkasnya.

Bagikan :

Disarankan

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi